Menghitung detik-detik pergantian tahun, biasanya kita akan memiliki rencana tahun baru atau New Year’s Resolutions. Biasanya New Year Resolutions ini mencakup rencana untuk ‘Hidup lebih sehat‘ di dalamnya, karena memang istilah ‘di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat’ itu memang bukan hanya ungkapan klise. Tapi bagaimana langkah konkritnya?

Di tahun 2012 ini sudah banyak orang-orang Urban yang menyadari pentingnya kesehatan dan berolahraga secara teratur. Beberapa contoh yang sudah dilakukan dan akan saya contoh juga untuk tahun 2013 adalah:

  • Lari. Olahraga lari tahun ini populer banget dilakukan dan mulai banyak komunitasnya. Mulai dari Komunitas Indo Runners, The Urban Fit, dan lainnya. Bagi penulis, olahraga lari ini juga penting untuk menumbuhkan imajinasi. Nggak percaya? Baca deh buku ‘What I talk about when I talk about running’ by Haruki Murakami
  • Join olahraga bersama dalam komunitas seperti Fitnessku.com yang rajin ngepost foto-foto olahraga bareng mereka sehingga olahraga jadi terasa fun
  • Exercise via YouTube. Bagi orang yang malesnya minta ampun seperti saya (hehe), paling cocok memang mengikuti olahraga dari video di YouTube. Favorite saya adalah video-video Belly Dance yang meski dilakukan hanya 15 menit tapi sudah cukup membuat kita berkeringat. Tapi masih ada banyak sekali source video fitness lainnya sesuai kesukaan kamu. Cari dengan kata kunci ‘Exercise’.
  • Yoga atau meditasi. Fungsinya mempertajam awareness dan kesehatan jiwa. Biasa dilakukan sekitar 10 menit setiap harinya. Music untuk mengiringinya bisa diputar melalui TuneIn.comsearch aja kata kunci ‘Yoga’ untuk mendapatkan radio yang memainkan lagu-lagu Yoga secara nonstop
  • Sarapan sehat setiap hari. Memulai hari dengan baik itu penting untuk kesuksesan kamu sepanjang hari. Dengan sarapan, energi kamu bisa full untuk mengimbangi aktivitas hingga sore.

Bonus dari semua kegiatan ini? Jadi langsing! Good luck dan selamat menempuh tahun 2013 dengan kesehatan yang lebih terjaga!