emotional-eating-200x300

Siapa yang tidak bisa mengontrol nafsu makannya? Apalagi kalau emosinya lagi tinggi?

Hasrat makan yang tidak terkontrol lebih sering disebabkan karena emosi yang tidak stabil dan suasana hati. Jangan biarkan perasaan memengaruhi otak dan tubuh Anda untuk menyantap banyak makanan tidak sehat sehingga menyebabkan kegemukan. Ini beberapa cara untuk mencegah emosi makan berlebihan, seperti dikutip dari iDiva.

1. Jangan ‘Libatkan’ Emosi Saat Makan

Banyak yang menyarankan makan cokelat, es krim atau susu hangat untuk membuat mood yang negatif jadi positif. Tapi makanan bukan solusi untuk mengatasi kebosanan, kekesalan, benci, stres atau marah. Tenangkan diri dulu sebelum Anda kalap meraup makanan. Ada banyak cara untuk mengurangi stres. Lakukan relaksasi dengan tarik napas dalam-dalam, keluarkan perlahan, ulangi selama lima menit. Atau bisa juga dengan aromaterapi.

2. Hindari Makan Bersama Teman yang Rakus

Secara sadar atau tidak, teman bisa memengaruhi pola makan kita. Sebagai contoh, bila seseorang punya kebiasaan menikmati dessert setelah makan utama, maka yang lainnya otomatis akan mengikuti. Sesekali makan bersama teman yang doyan makan tidak masalah. Tapi jangan dijadikan kebiasaan karena bisa merusak program diet Anda.

3. Manipulasi Keinginan Makan Makanan Manis

Ada cara lain untuk mengalihkan keinginan Anda terhadao makanan manis dan creamy. Caranya: buatlah dessert Anda sendiri. Dengan begitu, Anda jadi tahu berapa kandungan gula dan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Gantilah cake, cokelat atau milk shake dengan makanan manis yang lebih sehat seperti buah segar potong atau buah kering.

4. Pakai Perangkat Makan Berukuran Kecil

Semakin besar ukuran piring, mangkuk, gelas dan sendok, akan makin banyak makanan yang Anda santap. Ketika makan, pilihlah perangkat makan dengan ukuran sedang sampai kecil. Misalnya gunakan piring sedang atau untuk makan nasi beserta lauk pauknya. Dengan begitu, hasrat untuk makan banyak jadi lebih berkurang.

5. Matikan TV Ketika Makan

Ketika menonton film, memang menyenangkan jika ditemani camilan favorit. Namun tanpa disadari, Anda akan terus mengunyah dan sulit untuk berhenti makan. Jika perut terasa lapar ketika sedang menonton, ambil camilan yang kaya serat atau makanlah buah-buahan segar.

6. Jangan Belanja dengan Perut Kosong

Ketika perut lapar saat sedang beraktivitas, Anda cenderung ingin makan banyak di restoran cepat saji. Makanan yang dijual di luaran kebanyakan mengandung garam, gula dan lemak tinggi yang bisa membuat berat badan berlebih. Oleh karena itu, isi dulu perut Anda dengan makanan sebelum pergi belanja. Tubuh tidak lemas kelaparan saat berkeliling pusat perbelanjaan, uang lebih hemat dan pola makan tetap terkontrol.

Konsultasi turun/naik/stabil berat badan GRATIS!! Hubungi Miss Nanda ✆ : 081382115550 / PIN 2BB06748.

atau bisa langsung datang ke NC :

“SEMANGAT SEHAT”

Jl. Tegal Rotan 1 Pondok Jaya Bintaro.

081382115550/081218599932 – Nanda/Galih.