Saya baru kembali dari Prancis dan menyadari bahwa di Prancis tidak ada orang gemuk! Wanita dan pria-nya sama-sama langsing, padahal berbagai jenis makanan enak ada di Prancis. Mulai dari cokelat, keju, croissant, duck confit favorite saya, dan lainnya. Awalnya saya bingung, tapi setelah salah satu teman saya yang orang Prancis mengajak makan malam, saya baru mengerti kenapa mereka bisa tetap langsing tanpa mengorbankan makanan enak.

SAM_2105

Saat teman saya mengundang makan malam di Paris, saya sudah bersiap untuk sarapan dan makan siang dulu dengan shake cokelat favorite saya yang rendah kalori namun mengenyangkan. Berikut adalah hal-hal yang saya perhatikan saat saya sedang makan malam dengan teman saya yang orang Prancis tersebut:

  • Orang Prancis merayakan waktu makan. Artinya, kami menggunakan pakaian yang baik seperti akan pergi menghadiri suatu acara. Mereka tidak akan makan di meja kerja sambil menghadap komputer. Mereka akan benar-benar fokus pada makanannya
  • Makan bersama teman. Mereka selalu makan bersama teman-teman, sehingga bisa ngobrol dan menikmati waktu makan. Rasa kenyang membutuhkan waktu untuk tiba, makan sambil ngobrol ini membuat mereka tidak makan berlebihan.
  • Makan porsi kecil. Saya sempat sangsi melihat makanan berporsi kecil yang diberikan teman saya. Ada 2 macam salad sebagai makanan pembuka dengan berbagai macam sayuran warna warni, ikan salmon sebagai menu utama dan keju sebagai makanan penutup. Tidak ada nasi atau karbohidrat apapun. Tapi ternyata saya kenyang juga tuh!
  • Minum teh/kopi/wine setelah makan. Mereka tidak buru-buru pergi setelah selesai makan. Mereka menyempatkan untuk minum kopi/teh/wine terlebih dahulu.
  • Makan dengan tenang. Karena waktu makan adalah waktu yang menyenangkan, kami sampai menghabiskan 5 jam di meja makan! Saya baru pamit setelah hampir tengah malam. Meskipun kami ┬ámakan full mulai dari pembuka, main course, sampai penutup, sama sekali tidak terasa berlebih atau kekenyangan. Rasanya pas dan ringan saja di tubuh.
  • Tidak ngemil. Saya tidak pernah melihat orang Prancis ngemil di luar jam makan. Tidak ada cemilan di rumah teman Prancis saya :D

Jika kita tidak mungkin makan dalam 5 jam, paling tidak kita perlu lebih merayakan waktu makan, fokus pada saat makan. dan makan porsi kecil untuk menjaga badan.

Demikian oleh-oleh cerita dari Prancis. Jika Anda perlu bantuan untuk menjaga fokus Anda untuk tetap fit dan langsing, bisa Konsultasi Diet gratis di sini atau CALL Miss Nanda 081382115550 atau via BBM di PIN 2A3D8975

Have a nice weekend!