Kebanyakan orang Indonesia pada saat libur lebaran ini pasti melakukan tradisi mudik ke kampung halaman. Apakah kamu juga salah satu yang juga mengikuti tradisi mudik saat Lebaran, friends?

Makanan merupakan salah satu hal paling penting yang perlu kamu perhatikan selama perjalanan mudik. Hindari makanan yang bisa membuat perut terasa kembung, lelah dan mengantuk. Memilih makanan yang sehat akan membuat perjalanan mudik kamu lebih menyenangkan. Ini tips menjaga makan agar tubuh selalu fit, khususnya dalam perjalanan darat seperti bus, mobil pribadi atau kereta.

  1. Hindari Junk Food.
    Ketika kamu dalam perjalanan dan harus berhenti untuk membeli makanan, hindari mengonsumsi junk food, yaitu makanan yang tinggi kalori namun minim nutrisi. Usahakan makan makanan yang diolah dari bahan utuh misalnya restoran ala Sunda, Jawa atau Padang. Jika membeli makanan di supermarket, tanyakan apakah mereka menyediakan buah-buahan atau salad. Akan lebih baik jika kamu membawa perbekalan sendiri yang berisi nasi, lauk-pauk buatan sendiri, sayuran maupun buah potong.
  2. Makan Sering Dengan Prosi Kecil.
    Makanlah dengan porsi dan ukuran yang kecil tapi sering, ini akan membuat tubuh mengirimkan sinyal ke otak bahwa persediaan makanan selalu cukup. Jadi kamu tidak akan merasa kelaparan sepanjang waktu dan hasrat makan lebih terkontrol. Makan sedikit tapi sering juga akan membuat kamu bertenaga sepanjang hari. Sebaliknya makan terlalu banyak kalori dalam satu waktu akan membuat tubuh menyimpannya menjadi lemak, membuat tubuh lesu dan cepat mengantuk.
  3. Perbanyak Makan Protein.
    Makan cukup protein baik untuk menjaga kestabilan gula darah, mencegah energi kamu turun secara drastis. Selain itu protein juga membuat perut terasa kenyang lebih lama, meningkatkan konsentrasi dan tubuh bertenaga lebih lama. Sebaiknya penuhi asupan protein dari unsur hewani karena komponennya lebih lengkap. Misalnya daging ayam, ikan-ikanan, telur atau produk susu olahan.
  4. Siapkan Camilan.
    Saat perjalanan mudik, kita tidak punya cukup akses untuk sering-sering berhenti dan mendapatkan makanan. Maka amat penting membekali diri dan keluarga dengan camilan sehat. Sediakan kacang-kacangan seperti campuran almond, kacang mede, pistachio atau chestnut dengan buah-buahan kering.
  5. Hindari Makan Makanan Tidak Sehat.
    Hindari makanan yang akan membuat perut terasa tidak nyaman, kembung atau menyebabkan sembelit. Terlalu banyak karbohidrat sederhana seperti mie instan, soda, jus buah kemasan atau camilan manis sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu banyak atau tidak dimakan sama sekali. Hindari juga makanan yang digoreng, makanan pedas, berlemak tinggi dan berkalori tinggi.
  6. Cukup Minum Air Putih.
    Cukupilah asupan cairan kamu. Tubuh memerlukan air putih agar organ-organ dalam berfungsi dengan baik. Selain itu minum banyak air akan membantu membersihkan tubuh dari racun-racun, membuat kulit tampak segar dan mencegah Anda makan berlebihan. Cukup minum air putih juga mencegah dehidrasi dan rasa lemas.

Nah friends, itu beberapa tips menjaga makan agar tubuh selalu fit, khususnya dlm perjalanan darat seperti bus, mobil pribadi atau kereta.

Untuk diet sehat dgn panduan Miss Slim, silahkan hubungi Miss Nanda 081382115550 (telepon/sms/whatsapp), via BBM di PIN 2BB06748 atau melalui email di miss.slim@langsingmulus.com