Susah payah kamu menurunkan berat badan, tapi seringkali berantakan hanya karena kamu tidak kuasa menahan godaan makanan enak di pesta. Ragam menu pesta yang lezat, tanpa perlu membayar dan memasak sendiri, adalah daya tarik mengapa banyak orang jadi makan berlebihan.

Meski tidak terjadi setiap hari tapi makan berlebihan di sebuah pesta tetap dapat merusak berat badan ideal kamu dan menyebabkan ketidaknyamanan lain, misalnya kembung dan gangguan pencernaan. Terus, apakah kamu harus menahan mulut untuk tidak mencicipi satu pun makanan? Tidak juga friends.

Sebenarnya, kamu tetap dapat menikmati hidangan lezat di pesta, tapi coba kurangi jumlahnya sebesar 10-20 persen. Dengan demikian, kamu sudah bisa mengurangi asupan beberapa ratus kalori. Trik lainnya? Simak di bawah ini.

1. Olahraga esok paginya
Cara paling ampuh untuk membuang kelebihan lemak dan kalori yang kamu makan adalah dengan membakarnya sesegera mungkin. Berolahraga dalam keadaan perut kosong lebih baik untuk menurunkan berat badan dan regulasi insulin. Ini bagus, karena setelah makan besar, tubuh kamu akan melepaskan banyak insulin, suatu hormon yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan lemak tubuh. Semakin baik pengaturan insulin, semakin efisien penggunaan kalori kamu.

2. Jangan lewatkan sarapan
Kalau selama ini kamu punya strategi berpuasa sehari penuh setelah makan besar, Kamu perlu berpikir lagi. Dalam keadaan lapar, kamu akan cenderung memilih makanan tinggi kalori dan gula. Pilih hidangan berbahan dasar sayur, protein rendah lemak dan biji-bijian agar kamu cepat kenyang dan tidak tertarik makanan lain, terutama yang bisa membahayakan diet kamu.

3. Minum air yang banyak sepanjang hari
Meski selama ini kamu merasa sudah cukup minum, pesta adalah kesempatan untuk meningkatkan lagi asupan cairan kamu. Tanpa sadar, selama ini kita mudah mengabaikan sinyal haus. Cukup cairan akan membantu kita mengontrol keinginan makan dan ngemil sepanjang hari. Hidrasi kamu tidak harus selalu berasal dari air putih. Teh tanpa gula juga merupakan pilihan yang baik.

4. Buat beberapa perubahan
Kalau kamu yang menjadi tuan rumahnya, kamu tahu bahwa menyemarakkan pesta tidak harus dengan makanan berlemak tinggi kalori atau minuman penuh gula. Siapkanlah hidangan sehat seperti salad segar dengan bumbu kacang atau lalapan dengan sambal. Tambahkan dada ayam panggang yang telah dibuang kulitnya beserta ikan bakar sambal tomat. Lengkapi dengan cracker gandum utuh dan es buah-buahan.

5. Layani diri sendiri
Ketika seseorang melayani dan mengambilkan makanan untuk kamu, bisa jadi porsi yang diberikan cukup besar untuk menambah lagi ukuran lingkar pinggang kamu. Ambillah hidangan makanan kamu sendiri adalah cara yang baik untuk mengukur porsi yang tidak berlebihan.

6. Tunggu selama 20 menit
Banyak dari kita merasa tidak cukup dengan satu porsi makanan ketika ada di sebuah pesta. Belum lima menit kita selesai menikmati makanan pertama, kaki kita sudah menuju ke hidangan lainnya. Ini terjadi karena hormon leptin atau hormon pengatur rasa kenyang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal ke otak bahwa lambung kita sebenarnya sudah penuh. Kunyah setiap makanan yang masuk sebanyak 10-30 kali, tergantung jenis makanannya. Hal ini akan mengurangi kecepatan kamu makan sehingga kamu akan makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Selain itu, cara makan yang perlahan juga akan membuat pencernaan menjadi lebih nyaman, bebas dari rasa terlalu kenyang.

Nah friends, itu tadi beberapa tips untuk tetap langsing meski makan enak di Pesta. Jadi mulai sekarang gak usah takut kalau kamu dapat undangan Pesta Natal maupun Pesta Tahun Baru. Cukup ikuti tips-tips dari Miss Slim tadi. Selamat Mencoba!

PS. Silahkan hubungi Miss Nanda untuk panduan langsing sehat:
Telp/SMS/WA 081382115550
BBM di PIN 2BB06748
Email: miss.slim@langsingmulus.com