Bulan Ramadan telah tiba. Bagi kamu yang beragama muslim dan menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan ibadah puasa ya. Meski seharian bekerja atau belajar, usahakan untuk tetap kuat dan sehat selama menjalankan ibadah puasa. Biasanya nih, karena awal-awal puasa dan belum terbiasa, tidak sedikit dari kita yang menjalankan ibadah puasa kurang memperhatikan pola makan. Mentang-mentang baru saja menahan haus dan lapar selama seharian penuh, saat buka puasa lantas sembarangan memilih makanan dan makan dalam jumlah yang besar.

Kalau kita tak memperhatikan pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh selama puasa, hal ini dipastikan akan membuat kita mudah terserang sakit dan tidak sehat lagi. Agar tubuh tetap sehat selama Ramadan atau puasa, pastikan untuk menerapkan pola makan yang benar dan sehat. Ada 5 tips makan yang benar agar tubuh selalu sehat selama puasa Ramadan.

  • Awali Buka Puasa Dengan yang Manis (Diutamakan Kurma)

    Tips pertama agar tubuh selalu sehat selama puasa Ramadan adalah awali konsumsi biji kurma saat buka puasa. Tak perlu banyak-banyak, kamu cukup konsumsi 2 sampai 3 biji kurma setiap kali berbuka. Kurma dipercaya sebagai salah satu makanan yang sehat dan mampu mengembalikan energi yang hilang tubuh akibat puasa.

  • Minum Cukup

    Agar tubuh sehat selalu selama Ramadan dan tak mudah lelah, pastikan bahwa kamu minum air cukup setiap harinya. Saat berbuka hingga sahur, pastikan bahwa kamu menghidrasi tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan baik. Usahakan untuk minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas setelah buka puasa hingga sahur. Hindari konsumsi minuman ringan, kopi dan teh berlebih agar tubuh selalu sehat dan bugar.

  • Hindari Makanan Penyebab Haus

    Usahakan untuk menghindari makanan yang menyebabkan haus saat berbuka dan sahur. Makanan yang bisa menyebabkan haus ini sendiri antara lain adalah ikan asin, kacang asing, acar atau segala makanan yang kaya garam, mengandung pemanis dan pelezat makanan berlebih.

  • Perbanyak Sayur dan Buah serta Makanan Bergizi

    Mau tubuh tetap sehat dan bugar selama puasa Ramadan? Pastikan bahwa kamu konsumsi sayur dan buah dalam porsi yang cukup. Sayur dan buah adalah makanan yang kaya nutrisi dan sangat baik buat kesehatan juga kebugaran tubuh. Selain perbanyak sayur dan buah, kamu juga tak boleh melewatkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein juga vitamin.

  • Hindari Buka Puasa dan Sahur Pakai Makanan Instan

    Usahakan agar tidak berbuka puasa dan makan sahur pakai makanan instan atau makanan kaleng. Tidak jarang, makanan kaleng dan instan ini mengandung banyak bahan pengawet, bahan penyedap dan bahan lain yang sangat tidak sehat buat tubuh. Sementara itu, saat puasa tubuh memerlukan asupan nutrisi yang sehat dan menjaga kebugaran tubuh. Hindari pula berbuka puasa dan sahur dengan junk food atau makanan siap saji.

Itulah 5 tips makan yang benar selama puasa di bulan Ramadan. Semoga, dengan tips ini tubuh akan selalu sehat, bugar dan kuat dalam menjalankan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Tetap semangat buat puasa kan? Harus selalu semangat bagi kamu semua yang menjalankan. Selain tips di atas, selama Ramadan kamu juga harus punya istirahat cukup dan olahraga cukup demi tubuh yang lebih sehat serta bugar.

Untuk diet sehat dengan panduan Miss Slim, silahkan hubungi Miss Nanda 081382115550 (telepon/sms/whatsapp) atau via BBM di PIN 2BB06748