www.langsingmulus.com

Lebaran. Saat yang tepat untuk makan apa saja sebagai ‘balas dendam’ atas keterbatasan makan sebulan ke belakang hehe. Justru di saat opor begitu melimpah, saya memilih untuk membaca buku Revolusi Makan karya Dr. Hiromi Shinya.

IMG20160707080414

Saya sudah pernah membaca sebelumnya tentang bagaimana pentingnya ‘gut’ alias usus untuk keseimbangan hidup kita. Buku ini kembali mengkonfirmasi bahwa ternyata, kebahagiaan, fokus dan kesehatan mental kita juga tergantung oleh kesehatan usus kita. Jadi jangan main-main dengan usus dan makanan yang kamu makan.

Di buku ini, Dr. Hiromi menyarankan kita untuk memelihara hidup sehat dengan rutin bergerak atau berolahraga ringan seperti jalan kaki, yoga dan taichi.

Ia juga menyarankan kita untuk minum air paling tidak 500ml setelah bangun tidur yang dilanjutkan dengan minum jus buah seperti Kiwi, Nanas, Pisang, Apel, Wortel dan lainnya.

Lebih baik kita menghindari Mie dan Roti, jika harus makan nasi, pilih nasi merah. Hindari gorengan, jika harus menggoreng gunakan minyak jagung, minyak wijen dan minyak yang mengandung omega3, Omega6 dan Omega9. Kalau mau menyontoh resep masakan, ikuti masakan-masakan orang Jepang. Hindari makan daging. Makan rumput laut dan ikan seperti salmon dan ikan kembung lebih  menyehatkan, namun utamakan makan buah dan sayur yang belum diproses.

Puasa juga dianjurkan untuk memberi waktu istirahat pada usus, makan pada siang hari dan berhenti makan kira-kira pukul 9 malam. Mengunyah lebih lama hingga makanan halus juga dianjurkan agar usus tidak bekerja terlalu keras.

Pusing/demam dan pengen minum obat? Forget about it. Tubuh kita punya mekanisme untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Dr. Hiromi menyarankan selain fisik, kita juga melakukan detoks hati dengan rutin mengeluarkan kasih sayang dan rasa syukur. Juga bernapas panjang dari perut.

Alhamdulillahnya, semua yang disampaikan oleh Dr. Hiromi secara tidak langsung sudah saya lakukan sejak 5-10 tahun lalu.

Pertama, saya tidak pernah minum obat untuk sakit apa pun kecuali harus menginap di rumah sakit, itu juga sudah 10 tahun lebih tidak terjadi. Ini karena saya memang tidak pernah bisa menelan obat.

Sejak 7 tahun lalu saya mengenal Miss Nanda yang menjadi diet konsultan saya di Langsingmulus.com dan sejak itu saya terbiasa sarapan dengan shake cokelat dari Herbalife, siklus pembuangan juga jadi lancar setiap pagi (ini hal penting menurut Dr. Hiromi).

Saya tidak pernah olahraga, tapi saya rajin jalan di Mall, jadi sama aja kan hehe. Sebentar lagi saya akan pindah kos di tengah kota Jakarta dan bisa jalan ke kantor, ini membuat saya punya waktu ekstra sekitar 2 jam untuk berolahraga. Setiap pagi saya juga rutin meditasi sekitar 15 menit dan mengolah napas untuk mendapatkan fokus dan inspirasi lebih sepanjang hari. Untuk makan nasi merah dan makan sehat a la orang Jepang sedang saya usahakan.

Dr. Hiromi berkata di bukunya, orang-orang yang ususnya sehat adalah orang-orang yang positif dan memiliki semangat untuk maju dan bahagia. Datang dari seorang dokter, tentu saya percaya 100% apa yang ia katakan.

Gimana? Apa langkah pertama yang ingin kamu lakukan untuk menjadi lebih sehat dan bahagia?

Silahkan hubungi Miss Nanda untuk konsultasi gratis seputar pola makan dan tips agar tubuh menjadi langsing sehat:
Telp/SMS/WA 081382115550
BBM di PIN 2BB06748
Email: miss.slim@langsingmulus.com