Saat puasa, tubuh mengalami perubahan kebiasaan makanan yang bisa berpengaruh pada sistem pencernaan. Sehingga tak jarang malah banyak orang yang mengalami konstipasi, diare, dan gangguan pencernaan lainnya saat puasa.

Konsumsi makanan dan minuman yang penting saat buka atau sahur menjadi kunci agar kamu bisa terhindar dari serangkaian sakit perut yang mengganggu. Salah satunya adalah dengan bijak memilih minuman untuk berbuka puasa.

Minuman sehat apa saja sih yang cocok untuk diminum saat buka puasa? Dilansir dari boldsky.com, ini beberapa contohnya.

  1. Air Putih

    Tak diragukan lagi bahwa air putih cocok dikonsumsi untuk membatalkan puasa. Sebab air putih bersifat netral dan tidak mengandung bahan pemanis atau zat lainnya yang bisa mengagetkan perut saat buka puasa. Selain itu minum air putih akan membantu untuk menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

  2. Jus Apel dan Tomat

    Setelah minum segelas air putih untuk berbuka, kamu bisa melanjutkan dengan minum jus yang terbuat dari campuran apel dan tomat. Kandungan zat besi, vitamin, dan serat sangatlah baik untuk mendukung kesehatan pencernaan tubuh.

  3. Susu Almond

    Untuk membuat susu almond ini, rendam 10-12 biji kacang almond ke dalam air dan kemudian kupas. Setelah itu blender dengan campuran air hangat segelas. Tambahkan madu jika kamu ingin meminumnya.

  4. Milkshake Pisang

    Pisang kaya akan potasium, serat makanan, vitamin B6, vitamin C, serta rendah kolesterol. Hal inilah yang membuat pisang cocok dikonsumsi untuk berbuka. Untuk membuat milkshake pisang, blender 1-2 buah pisang dengan secangkir susu. Minum milkshake pisang saat berbuka ampuh untuk memberikan suntikan energi.

  5. Limun Daun Mint

    Kamu butuh minuman segar saat berbuka? Cobalah untuk membuat limun daun mint. Caranya adalah dengan campur segelas air dingin, beberapa lembar daun pint, dan perasan air jeruk lemon. Selain menyegarkan, minuman ini juga kaya akan vitamin dan serat.

  6. Jus Aprikot

    Aprikot adalah buah yang kaya akan kandungan serat dan vitamin A. Kandungan retinol dalam aprikot sangat mudah larut dalam tubuh dan nutrisinya mudah diserap sehingga baik untuk mendukung kesehatan pencernaan.

  7. Campuran Susu dan Kurma

    Kurma menjadi makanan wajib untuk membatalkan puasa. Nah, selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mencampurnya dengan susu. Caranya adalah dengan merebus susu dengan daging kurma. Minuman ini selain memberikan suntikan energi, juga membantu mengembalikan kadar gula darah yang turun saat puasa.

Tak hanya sekedar manis dan menyegarkan, tubuh pun butuh minuman sehat di atas untuk berbuka demi kesehatan pencernaan yang lebih baik.

 

Silahkan hubungi Miss Nanda untuk konsultasi gratis seputar pola makan dan tips agar tubuh menjadi langsing sehat:
Telp/SMS/WA 081382115550
BBM di PIN 2BB06748
Email: miss.slim@langsingmulus.com