Dalam berbagai program diet menurunkan berat badan, olahraga rutin adalah salah satu kunci utamanya. Menjaga pola makan sehat yang diimbangi dengan olahraga rutin diyakini bisa jadi cara paling efektif dan aman untuk menurunkan berat badan. Tapi dalam beberapa kasus, ternyata ada yang sudah rajin olahraga tapi tubuh tak kunjung langsing.

Kira-kira kenapa ya sudah rajin olahraganya tapi berat badan tak kunjung turun? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Umumnya sih karena lima hal berikut ini.

  1. Kebanyakan Melakukan Olahraga Kardio

    Memang olahraga kardio bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Tapi kalau olahraga kardio dilakukan berlebihan, akan ada efek sampingnya. Dilansir dari health.com, kebanyakan olahraga kardio bisa membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menjaga ketahanannya, sehingga akan menyimpan energi sebagai lemak untuk memastikan tubuh bisa tetap berenergi saat melakukan olahraga. Belum lagi dengan memicu meningkatnya nafsu makan karena tubuh yang sudah divorsir untuk melakukan kegiatan berat dalam waktu lama.

  2. Tidak Melakukan Olahraga Angkat Beban

    Kalau tujuanmu adalah untuk menurunkan berat badan, buat jadwal khusus untuk melakukan olahraga angkat beban. Jadi selain kardio, bersepeda, lari, berenang, dan jenis olahraga lainnya, cobalah untuk memvariasikannya dengan olahraga angkat beban.

  3. Tidak Membuat Jadwal Istirahat

    Proses pemulihan dan istirahat sama pentingnya dengan kegiatan olahraga itu sendiri. Karena justru pada periode tersebut, tubuh akan lebih optimal dalam membakar lemak. Jadi jangan terlalu menyibukkan diri dengan olahraga, selingi dengan jadwal istirahat. Atau kalau hari ini kamu sudah olahraga berat, besoknya coba lakukan olahraga yang lebih ringan atau istirahat terlebih dahulu.

  4. Tubuhmu Mengalami Stres Berat

    Kalau tubuh dalam keadaan stres berat, maka produksi kortisol (hormon kortisol) akan ikut meningkat. Memang kortisol diperlukan saat olahraga karena membantu otot untuk mendapatkan energi agar terus bergerak. Hanya saja kalau dampak kelebihan kortisol ini berlangsung lama, efeknya bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.

  5. Masih Sering Mengonsumsi Makanan Instan/Olahan

    Olahraganya rutin tapi kalau pola makan masih sembarangan, ya bakal tetap susah untuk langsing. Batasi konsumsi makanan instan atau makanan olahan. Apalagi yang terlalu banyak mengandung gula dan karbohidrat, jangan sampai konsumsinya terlalu berlebihan. Imbangi dengan konsumsi makanan sehat untuk menjaga metabolisme tetap lancar.

Itu tadi 5 kemungkinan penyebab kamu susah langsing meski sudah rajin olahraga. Coba deh perbaiki lagi pola makan dan kebiasaan sehatmu setiap hari. Tapi fokusnya jangan cuma ingin langsing saja ya friends, tetap utamakan kondisi kesehatanmu dan jangan sampai usaha diet malah bikin kamu jatuh sakit.

 

Silahkan hubungi Miss Nanda untuk konsultasi gratis seputar pola makan dan tips agar tubuh menjadi langsing sehat:
Telp/SMS/WA 081382115550
BBM di PIN 2BB06748
Email: miss.slim@langsingmulus.com